smesco INDONESIA merupakan brand dari Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM RI. LLP-KUKM didirikan pada Maret 2007.
Tujuan pendirian LLP-KUKM adalah memberikan layanan promosi dan pemasaran KUKM Indonesia yang mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai pelaksana layanan: informasi pasar, sarana pemasaran, promosi produk dan jaringan pemasaran serta distribusi produk KUKM, konsultasi pemasaran peningkatan kemampuan manajemen dan teknik pemasaran, serta inkubasi pemasaran.
smesco INDONESIA saat ini menampung berbagai aneka produk unggulan 34 provinsi diseluruh Indonesia. Produk tersebut di display pada stand di paviliun provinsi yang terletak di lantai 1 dan 2 Gedung smesco yang berlokasi di Jalan Jenderal Gatot Subroto kav. 94, Jakarta Selatan. Tempat ini berfungsi sebagai sarana pemasaran produk unggulan provinsi, co-working space, creative space dan office space serta area pameran.

Revitalisasi Provinsi
Revitalisasi Paviliun merupakan usaha menata kembali ruang display produk unggulan provinsi ke lokasi yang lebih strategis. Sehingga wajah baru paviliun provinsi sekaligus menjadi citra baru terhadap identitas daerah dengan menampilkan local heritage dan keunikan produk.
Revitalisasi Paviliun Provinsi yang berlangsung sejak Januari 2018 merupakan langkah mengintegrasikan semua potensi yang ada agar smesco INDONESIA menjadi icon baru atau citra baru dalam pencapaian pengembangan dan pemasaran produk-produk unggulan Koperasi dan UKM. Dalam prosesnya, revitalisasi dilakukan dengan pendekatan secara terintegrasi, visitor oriented, dan dedicated to local SME agar berdaya guna.
Revitalisasi dimaksudkan untuk menghasilkan smesco INDONESIA yang tampil beda, berdaya saing, dan mampu menghasilkan “values” bagi pengunjung.
Sebagai citra baru smesco INDONESIA akan menjadi referensi terbaik untuk mencari dan mendapatkan produk lokal produksi KUKM Indonesia.
smesco INDONESIA juga akan menjadi wadah promosi produk lokal produksi KUKM Indonesia, sekaligus sebagai wadah untuk meningkatkan daya saing KUKM daerah.
smesco INDONESIA diharapkan dapat menjadi area one stop shopping bagi konsumen lokal maupun internasional yang ingin membeli produk-produk KUKM Indonesia.
Sinergi dan integrasi dilakukan utamanya dengan lembaga terkait, pusat promosi produk UKM untuk kegiatan promosi dan pemasaran produk unggulan daerah.
Sebagai sebuah lembaga yang berorientasi daya saing, smesco INDONESIA haruslah berkonsep consumer driven yakni berorientasi kepada kepentingan pengunjung, serta mempertimbangkan keinginan dan kemudahan yang mereka perlukan. Keberadaan paviliun bukan sekedar representasi daerah, tetapi juga harus membawa manfaat bagi UKM lokal.
Produk yang ditampilkan di Paviliun Provinsi berpotensi diekspor ke mancanegara yang meliputi fashion, furniture, alas kaki, dan kuliner. Inilah yang membedakan produk unggulan Indonesia yang ada di smesco dengan tempat lain. Harga setiap produk merupakan harga langsung dari pengrajin ditambah pajak 10%.
Sebelumnya, ke-34 stand yang menjual produk dari 34 provinsi ditempatkan di lantai tiga, 11, 12, dan 15 Gedung smesco INDONESIA.
Menkop UKM, Puspayoga dalam acara Re-Launching Produk Unggulan Provinsi, 31 Maret 2018 mengatakan
“Kita berharap bila orang datang ke smesco dapat melihat miniaturnya Indonesia. Pelaku KUKM dapat menitipkan dan menjual produk di stand masing-masing provinsi. Misalnya, pelaku KUKM dari DKI Jakarta menitipkan produknya di stand DKI Jakarta. Begitu juga dengan provinsi lainnya.”
Pada acara re launching hadir Ketua Umum Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla, Gubernur Sumatera Barat, dan pejabat kemenkop lainnya.

Asian Games 2018
smesco INDONESIA ditunjuk sebagai salah satu destinasi resmi wisata belanja oleh panitia resmi Asian Games, INASGOC. Para atlit, official dan tamu peserta Asian Games mendapat fasiltas akomodasi langsung dari wisma atlet ke gedung smesco. Perhelatan bertaraf internasional yang melibatkan 45 negara se-Asia, menjadikan smesco INDONESIA sebagai tempat berbelanja oleh-oleh untuk dibawa pulang ke negara masing-masing.
“Keunggulan dan kekhasan produk UKM kita adalah ‘handmade’. Maka, hal itu harus kita pertahankan sampai kapan pun. Saya yakin, produk souvenir kita akan menjadi buruan spesial para pelancong Asian Games,” ungkap Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga menanggapi ramainya kunjungan tamu Asian Games tersebut.

Pada periode berlangsungnya Asian Games 2018 yaitu dari 18 Agustus sd 2 September, ratusan atlet dan official yang berkunjung ke smesco INDONESIA. Produk souvenir unggulan provinsi yang diminati adalah batik, wayang, tas aceh, kipas, manikmanik kalimantan, gantungan kunci, jewellery, cukli barong, congklak, shawl/scraf dan boneka ondelondel betawi.
Produk kuliner kemasan yang laris yaitu kopi, makanan ringan (snack), kerupuk (crackers),dan sale pisang.

sis/to/160119