Bincang-bincang bersama Yudhi Setiawan, Kurator Kuliner Pasar Papringan

Pemandu : Ade Putri Paramadita

📆 Rabu, 1 Juli 2020
🕑 13.00 – 15.00 WIB

Desa Ngadiprono yang berada di Kabupaten Temanggung, namanya sekarang menjadi terkenal sejak berdirinya Pasar Papringan. Pasar Papringan ini unik karena lokasinya berada di bawah rimbunan pohon bambu. Pasar ini didirikan dengan konsep pemberdayaan masyarakat lokal, karena sejak mulai perencanaan, pembangunan, hingga pelaksanaannya melibatkan masyarakat sekitar. Sekitar 90 persen warga Dusun Ngadiprono terlibat dalam Pasar Papringan ini, sisanya adalah tetangga dusun yang dilibatkan menjadi petugas parkir, membuat kerajinan, dan lainnya.

Komoditas favorit di Pasar Papringan adalah kuliner tempo doeloe yang disajikan dengan standar higienis, penggunaan bahan-bahan alami, tidak menggunakan gula buatan, MSG, dan pewarna buatan serta menentukan stadar porsi santap untuk dagang. Adalah Yudhi Setiawan, yang memberikan pelatihan dan pendampingan khusus masyarakat lokal untuk terlibat dalam kegiatan pasar, karena pada dasarnya pekerjaan mereka sehari-hari bukanlah pedagang atau penjual kuliner. Yudhi juga sebagai kurator jenis kuliner yang ada di Pasar Papringan.

Pasar Papringan dapat menjadi inspirasi daerah lain dalam upaya pengembangan desa dengan berprinsip pada nilai-nilai budaya dan kearifan lokal serta konservasi lingkungan.

DAFTAR

#siapbersamaUMKM
#UKMnaikkelas
#BanggaBuatanIndonesia