Bersama Louise Patricia Esmeralda, Praktisi Hukum-Social Corporate Law Society (SOCOLAS)

Moderator : Edo Riyadi

📆 Jumat, 10 Juli 2020
đź•™ 10.00-12.00 WIB

Perkembangan social entrepreneurship di Indonesia belakangan ini kian membumi. Mereka adalah para pelaku entrepreneur yang tak hanya berorientasi terhadap profit tetapi juga berkontribusi sosial kepada komunitas atau masyarakat luas. Dari aspek hukum, banyak munculnya gerakan sosial ternyata menyisakan masalah tersendiri yang cukup serius. Masalah itu, terkait pelaku gerakan sosial tak cukup paham dari sisi hukum misalnya mengenai apa dan mengapa pentingnya badan hukum atas komunitas yang dibangunnya. Kebanyakan dari mereka bahkan tidak mengetahui cara mendirikan badan hukum atau apa badan hukum yang sesuai.

Adalah “Social Corporate Lawyers Society” atau bisa disingkat Socolas, sebuah wadah yang menaungi para corporate lawyer yang memiliki komitmen memanfaatkan sebagian waktu mereka untuk memberikan bantuan hukum kepada individu atau komunitas gerakan sosial (social movement) yang berdampak paling tidak terhadap komunitasnya. Layanan yang diberikan oleh Socolas tak jauh-jauh dari kegiatan corporate lawyer tersebut sehari-hari, seperti melakukan review perjanjian, membantu mendirikan badan hukum, memberi opini hukum sekaligus saran-saran terkait aspek hukum. Selain itu, Socolas juga memberi bantuan tak melulu dalam bentuk output berkas melainkan semacam edukasi kepada pelaku gerakan sosial seputar bagaimana caranya melakukan negosiasi dengan investor. Lalu, juga memberi pengertian terkait apa saja hak dan kewajiban pelaku gerakan sosial atas kesepakatan yang dibangun dengan pihak ketiga atau lainnya.

Smesco Spark menghadirkan Co Founder Socolas untuk memberikan wacana bagi pelaku bisnis UMKM untuk memilih jenis badan hukum yang sesuai dengan kegiatannya.

DAFTAR


#siapbersamaUMKM
#UKMnaikkelas
#BanggaBuatanIndonesia