• Sigit
  • July 18, 2019
  • News

KBRN, Samarinda : Direktur Utama Smesco Indonesia Emilia Suhaimi menjadi salah satu pembicara dalam acara temu mitra KUKM produk unggulan daerah di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Di hadapan para peserta Emilia memperkenalkan Smesco Indonesia sebagai pusat layanan promosi dan pemasaran produk KUKM seluruh Indonesia. 

“Smesco Indonesia telah menjadi wadah promosi produk lokal produksi KUKM Indonesia, sekaligus sebagai wadah untuk meningkatkan daya saing KUKM daerah,” kata Emilia di Hotel MJ, Samarinda, Kaltim, sebagaimana dalam siaran pers, Selasa (16/7/2019).

Smesco Indonesia merupakan brand dari Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM. Tempat ini berfungsi sebagai sarana pemasaran produk unggulan provinsi, co-working space, creative space dan office space serta area pameran.

Emilia mengatakan Smesco Indonesia saat ini menampung berbagai aneka produk unggulan 34 provinsi diseluruh Indonesia. Produk tersebut di display pada stand di Paviliun Provinsi yang terletak di lantai 1 dan 2 Gedung Smesco yang berlokasi di Jalan Jenderal Gatot Subroto kav. 94, Jakarta Selatan. 

“Produk yang ditampilkan di Paviliun Provinsi berpotensi diekspor ke mancanegara yang meliputi fashion, furniture, alas kaki, dan kuliner. Inilah yang membedakan produk unggulan Indonesia yang ada di Smesco dengan tempat lain. 

Pembicara lain yang turut diundang yakni Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kememkop UKM Victoria br Simanungkalit yang menyampaikan materi tentang strategi peningkatan daya saing produk melalui HAKI dan perbaikan mutu kemasan, serta Direktur Pengembangan Bisnis, Federasi Kemasan Indonesia (IPF) Ariana Susanti yang menyampaikan materi tentang peningkatan kualitas kemasan produk KUKM. 

Acara temu mitra ini merupakan rangkaian sinergitas kegiatan antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), dan Tim Penggerak PKK. Sinergi kegiatan itu dalam upaya meningkatkan wawasan UKM dan perajin. 

Dekranas sebagai mitra pemerintah telah melakukan berbagai program dalam membina dan mengembangkan UKM melalui sinergi dengan kementerian terkait. Salah satunya dengan Kemenkop dan UKM yang di dalamnya terdapat Smesco Indonesia.

Pada hari yang sama, Kemenkop UKM bersama Dekranas, maupun Tim Penggerak PKK juga menggelar acara temu mitra KUKM produk unggulan daerah di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Acara yang dibuka oleh Kadis KUKM Kalteng Lies Fahimah itu dihadiri oleh Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Bintang Puspayoga. 

Temu mitra Kalteng menghadirkan 40 peserta UKM potensial ekspor kategori makanan minuman dalam kemasan, kerajina dan tenun. Sedangkan narasumber, yakni Darningsih dari CV Packaging House dengan fokus materi mengenai praktik baik peningkatan kualitas kemasan produk KUKM dan Armel Arifin selaku Direktur Bisnis dan Pemasaran LLP KUKM dengan tema materi tentang pendampingan dan kurasi produk KUKM Kalteng. (By Syarif Hasan Salampessy)